Pernahkah Anda mempertimbangkan penggunaan tim kegembiraan sebagai teknik untuk menghidupkan kelas pelatihan Anda? Metode pembinaan ini telah kami siapkan dan sajikan dalam artikel ini sebagai sumber fasilitator. Baca terus untuk mengetahui cara menggunakan kelompok buzz dalam pengajaran, termasuk tindakan fasilitator secara mendalam, pedoman, kendala dan variannya.
Keterangan
Tim buzz adalah tim kecil, terdiri dari beberapa hingga enam orang yang diberi tugas untuk diselesaikan dalam jangka waktu singkat. Biasanya, masing-masing tim buzz menginformasikan keluarannya kemudian belajar ke kelompok yang lebih besar.
Tindakan Ini Dapat Dimanfaatkan Untuk:
- Buatlah agenda.
- Pertimbangkan suatu tindakan, lokakarya, atau metode.
- Berfungsi sebagai pemecah kebekuan.
- Panaskan grup ke topik baru.
- Mengatasi masalah.
- Tangani suatu subjek dari sudut pandang baru.
- Bagikan ide.
- Kumpulkan masalah.
- Hasilkan tip.
- Buatlah daftar.
- Kumpulkan tanggapan.
- Memungkinkan semua peserta untuk memberikan masukan.
- Ciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih aman dibandingkan dalam kelompok berukuran lebih besar.
- Cermin dan ikhtisar.
Prosedur Fasilitator
- Lakukan penilaian awal terhadap tim untuk menentukan apa yang diketahui anggota saat ini tentang masalah tersebut.
- Bagikan tujuan dan sasaran tindakan dengan tim.
- Jelaskan pengobatannya:
- Urutkan tim kecil.
- Pilih perekam.
- Selesaikan latihannya.
- Pilih satu atau lebih presenter.
- Laporkan kembali ke tim yang lebih besar.
- Jelaskan sesi tersebut.
- Memperjelas tugas, saran dan harapan pelaporan.
- Umumkan periode sesi, jika relevan.
- Susunlah tim-tim yang lebih besar menjadi tim-tim kecil. Kelompok kegembiraan dapat dibentuk dengan berbagai pendekatan:
- Minta kontributor untuk bertransformasi menjadi orang-orang terdekatnya
- Kumpulkan individu-individu dengan daya tarik yang luas/berbeda
- Tenaga kerja up individu sesuai dengan kemampuan atau jenis pemahaman
- Sarankan setiap tim untuk memilih perekam.
- Periksa dan jawab pertanyaan apa pun tentang proses tersebut.
- Mulailah sesinya.
- Mengalir ke dalam dan menonton.
- Jelaskan kepada anggota ketika latihan hanya tersisa satu atau dua menit dan ingatkan mereka untuk memilih seorang presenter, jika diperlukan.
- Simpulkan tindakannya.
- Bicaralah dengan setiap kelompok untuk melapor ke tim yang lebih penting.
- Terima masukan setiap grup dan proses informasinya.
- Jelaskan sesi tersebut.
- Ringkaslah sesi ini dengan merangkum faktor-faktor utama.
- Akhiri dengan tinjauan tujuan penemuan, jika benar.
- Lakukan penilaian penulisan untuk mengetahui temuan apa yang terjadi.
Tip untuk Fasilitator
- Gunakan teknik kreatif untuk membagi kursus menjadi tim-tim yang lebih kecil.
- Akui bahwa beberapa anggota merasa lebih aman dan berkembang dalam kelompok yang lebih kecil, mereka mungkin kurang komunikatif dalam tim yang lebih besar.
- Sebelum memulai, beri tahu kontributor tentang kendala yang ada dan motivasi mereka untuk mempertahankan pihak lain dalam sistem.
- Amati dinamika tim yang lebih kecil.
- Kembangkan grup buzz baru secara konsisten.
Rekomendasi untuk Perorangan
- Yakinkan bahwa Anda mengenali tugas tersebut.
- Pahami bahwa semua orang mempunyai gagasan dan pandangan penting untuk dipimpin.
- Pilih perekam.
- Hormati dan dengarkan satu sama lain.
- Merangsang setiap orang untuk berpartisipasi dan berkontribusi.
- susu
Jebakan
- Mengizinkan tim pertama melaporkan semua data.
- Pengulangan juga signifikan dalam pendekatan pelaporan.
- Fasilitator juga mengerahkan banyak tenaga untuk mengatur keluaran kelompok buzz.
- Ukuran tim juga lebih kecil atau terlalu besar.
- Hanya satu peserta yang mendominasi sistem kelompok kecil.
- Menugaskan suatu kegiatan terlalu besar untuk dicapai dalam waktu yang ditentukan.
- Kegembiraan tim menjadi berulang-ulang dan tidak menarik bagi orang-orang ketika diterapkan juga biasanya.
Trik yang sangat panas
- Tambahkan aroma, bahan makanan, minuman atau warna untuk merangsang indra.
- Mengirimkan makanan dan/atau minuman.
- Mainkan kualifikasi musik baru sementara grup kegembiraan sedang dalam pengembangan.
- Grup dapat beroperasi secara terpisah, saat makan siang, atau di luar ruangan di tempat yang berbeda.
- Mintalah peserta mengerjakan tugas mereka sendiri jika memungkinkan – penguasaan jauh lebih penting bagi mereka.
Varian
- Tim dapat diberikan tugas independen, kemudian mengajari tim yang lebih besar mengenai hasil akhir mereka.
- Kelompok kegembiraan dapat bergabung dengan satu atau lebih kelompok lain sebagai bagian dari proses kelompok yang lebih besar.
Kami harap artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda dan kami menantikan kesuksesan Anda saat Anda memasukkan metode kelompok kegembiraan ke dalam sesi pelatihan Anda.